We love each other, we respect each other and we wish to be happy ever after

29 Juni 2013

Shopping List Peralatan MPASI

Berhubung saat MPASI Alysa tinggal 2 minggu lagi, saya harus mulai hunting nih alat masaknya. Karena saya working mom, so harus punya alat2 wajib untuk mempermudah nyiapin makanannya. Yah walopun di usia enam bulan adalah tahap pengenalan pada makanan, tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk nyiapin makanan home made buatan saya. Pokoknya saya berniat no makanan instan deh. Berhubung saya ga jago masak, yah saya cari cari buku resep tuh untuk mpasi. 

Untuk penerapan atau petunjuk mpasi untuk Alysa saya mengacu pada pedoman WHO, yang mana untuk mpasi perdana makanan yg diberikan berupa serealia (bukan serealia makanan instant lho), serealia disini maksudnya golongan makanan padi padian, misal beras, beras merah, oatmeal, jagung dsb. Why serealia? Untuk lbh jelasnya silahkan buka ke website resmi WHO,,, hehehehe... Intinya golongan serealia ini adalah yang paling minim resiko intoleransi pada bayi, berupa ruam, alergi, diare. Dan selanjutnya adalah aturan 3 days rule, yaitu memberikan baby makanan yg sama selama 3 hari berturut turut, untuk mengamati ada tidaknya alergi pada makanan yg diberikan tsbt. Nah untuk aturan yg ini, saya kayaknya mau 2 hari aja.. Hehe

1. Nah sehubungan dengan pilihan mpasi perdana alysa serealia, alat masak yang pertama kali saya beli adalah Takahi Slow Cooker ^_^, kata ibu ibu working mom nih alat adalah alat wajib mpasi... Ikuuuuut deh saya. Belinya di Toko fany baby itc Kuningan. Saya beli yang 1,2 liter soalnya yang 0,7 liter kecil bangeet. Dengan Slow cooker konon katanya bahan bahan macam beras dan sayur ataubdaging tinggal cemplungin, trus ditinggal bobok deh, paginya sudah matang.... Huhu asiiiik mudah2an noh alat beneran bantu. ( untuk yg 1,2 liter harga saya beli 355.000)

2. Food maker, mirip Pigeon Food Maker, yaitu set peralatan yg terdiri dari wadah, saringan, kayu, dan perasan jeruk, dan grinder gitu. Punya saya merknya Basilic, produk Taiwan, lumayan lebih murah daripada Pigeon, tapi item dan fungsinya sama. Beli di Bilna, harga 129.000

3. Peralatan makannya, saya beli yg sepaket dengan sendoknya dan ada tutupnya jd kalo mau pergi2 gampang, saya beli Tomee Tippee Explora, di Fany baby itc kuningan, harga 55.000 dan yang merk MAM harga 70.000. Trus sendoknya, saya beli Munchkin yang isi 6 harga 65.000.

4. Tempat minum saya beli training cup, supaya belajar ga ngedot lagi. Jadi dot hanya untuk minum asip. Training cup yang ada sedotannya ini saya beli merk MAM juga harga 80.000. Ohya pastikan peralatan makanbayi itu foodgrade, dan BPA free yaa! 

5. Philips Hand Blender, hehehe sepertinya membuat puree buah akan lebih menggunakan nih alat ketimbang blender biasa, secara kalo blender biasa kan gede tempatnya, jadi kalo cuma mau ngblend porsi kecil ya cape nyucinya *alasaaaan! Selain itu hand blender praktis bisa dibawa traveling karena kecil, coba kalo blender... Haduuh berat kayaknya.. Beli di Fany Baby juga, price 490.000.

6. Lunch Jar,,, nah niy alat saya rasa sangat berguna ketika traveling, untuk bawa makanan baby supaya tetap hangat. Saya beli merk Zojirushi (bener ga tulisannya ya), haha... Sebenrnya galau mau beli merk Tiger atau Zojirushi, tapi kata mbak mbak si tokonya sama aja fungsi dan ketahanannya, sama sama tahan hangat sampai dengan 6 jam. Belinya di Fany Baby juga, harganya 450.000. Mahal juga yahh, tapi mengingat fungsi dan kegunaannya kalo lagi pergi pergi kan perlu banget tuh, terutama nanti rencana mau mudik ke lampung, jadi ya gkpp deh mahal :(

7. Ice Cube, nih fungsinya untuk menyimpan makanan beku di dalam freezer. Ice cube ini harganya 90 ribu kLo ga salah ingat. Yah masih lebih murah ketimbang di ol shop :)

8. Rak Botol Puku, nah ini nih yg sudah lama saya cari dan saya nemu di itc kuningan jugak.... Habisnya suka khawatir kalo ART nyimpen botol asip di Tupperware tp kadang ga bisa ketutup karena Tupperwarenya kurang besar, takut kalo ada debu debu yg masuk dong. Untung deh nemu nih rak, bentuknya kaya tempat roti tawar, ada tutupnya transparan, wadahnya juga lumayan besar jd muat juga untuk nyimpen feeding set nya alysa. Di fanny baby dikasih harga 135 ribu.

9. Dan ga kalah pentingnya adalah bib atau slabber... Udah beli banyak..hahaha lucuk sih...

Dan ini penampakannya: 


Ini foto khusus rak botol puku, seneng bgt dapet nih barang, tadinya udah desperate juga mau beli tempat roti tawar aja, tapi kan kurang gede yaa... Alhamdulillah find this one,,,,


Ada tempat buat naro botol nya,, sebelahnya bisa buat naro dot atau piring makan.. ^_^

Yang ini perlengkapan tambahan yang dibeli karena lagi diskon di Gedung Philph Pejaten. harganya jadi rp.325.000 satu set. (Pas saya cek ke ol shop... Ternyata harganya memang ga jauh dari itu -____-"



4 komentar:

  1. Halo Bunda Alysa tulisannya ngebantu banget buat saya, Bunda Al Hakim yang Insha Allah minggu depan udah MPASI, makasih banyak. Ga sabar mau hunting nih :) semoga di Jogja ada ya

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah kalo tulisan saya ngebantu, semoga Al Hakim makannya lahap ya dan proses pemberian MPASI nya ga ada kendala :)

    BalasHapus
  3. Bunda alysa mau tanya. . Fany baby ada toko online ga? Mau hunting takahi nih, ama hand grindernya.. Thanks.

    BalasHapus
  4. Waah saya ga tahu mbak Yulia, setahu saya tidak ada online-nya :)

    BalasHapus